Translate

Kamis, 19 Mei 2011

RPP SUATRI, S.Ag AL QUR AN HADITS KLS 8 MTSN TALAOK


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan               :  MTsN Talaok Kab. Pesisir Selatan
Mata Pelajaran                     :  Al-Qur’an-Hadits
Kelas / Semester                 :  VIII ( Delapan )  / 1( Satu )
Standar Kompetensi            :  1.       Membaca Al-Qur’an  surat pendek pilihan
Kompetensi Dasar               : 1.1     Menerapkan hukum bacaan mad layyin, mad ‘aridl lissukun dalam QS Al Kautsar dan Al Maun
Alokasi Waktu                      :  2 x 40 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
v  Menjelaskan hukum bacaan mad layyin dan ‘aridl lissukun
v  Mencari mad layyin, ‘aridl lissukun dalam QS Al Kautsar dan Al Maun   
v   Mempraktikkan bacaan mad layyin dan ‘aridl lissukun dalam QS Al Kautsar dan Al Maun

B.    Materi Pembelajaran
v  Hukum bacaan mad layyin dan ‘aridl lissukun
v  QS Al Kautsar dan Al Maun

C.   Metode Pembelajaran
v  Peta konsep
v  Diskusi
v  Tanya jawab

D.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Ø  Kegiatan Pendahuluan
v  Siswa menyiapkan diri untuk melakukan doa bersama
v  Guru  mengabsen siswa
v  Guru melakukan tanya jawab tentang hukum bacaan mad layyin dan ‘aridl lissukun
v  Guru menyampaikan kompetensi yang harus dicapai siswa untuk mempelajari materi hukum bacaan mad layyin dan ‘aridl lissukun
Ø  Kegiatan Inti

Eksplorasi
v  Siswa membentuk kelompok yang terdiri dari 5 siswa
v  Bersama kelompoknya siswa mendiskusikan materi hukum bacaan mad layyin dan ‘aridl lissukun
v  Memberikan kesempatan kepada setiap siswa untuk berinteraksi dengan guru  tentang hukum bacaan mad layyin dan ‘aridl lissukun

Elaborasi
v  Siswa menuliskan hasil diskusi bersama kelompoknya kemudian ditempel di depan kelas
v  Salah seorang utusan kelompok mempresentasekan hasil diskusi
v  Hasil pengamatan dan penilaian siswa dipresentasikan
v  Kelompok lain memberi penilaian presentasi kelompok yang tampil pada lembaran penilaian

Konfirmasi
v  Hasil penilaian dikumpulkan ke guru
v  Guru menentukan hasil kerja kelompok terbaik
v  Memberikan kesempatan kepada siswa untuk memberi kesimpulan, pertanyaan terhadap hasil diskusi
v  Memberikan motifasi kepada siswa yang belum berperan aktif dalam diskusi




Ø   Kegiatan Penutup
v  Memberikan penguatan terhadap materi pelajaran
v  Memberikan penilaian terhadap perjalan disikusi
v  Mengajukan pertanyaan sepuitar pelajaran materi diskusi
v  Memberikan refleksi pada siswa
o   Apakah pembelajarannya menarik
o   Materi apa yang telah kita bincangkan
v  Menyampaikan recana pembelajaran pada pertemauan berkutnya
E.    Media/ Sumber Belajar
v  Buku paket Al-Qur’an-Haditst kelas VIII
v  Al-Quran dan Terjemah
v  Juz ‘Amma dan Terjemah
v  Buku Tajwid

F.    Instrumen
Buatlah peta konsep tentang hukum bacaan mad layyin dan ‘aridl lissukun!

G.       Penilaian 1

Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
Ø  Menjelaskan hukum bacaan mad layyin, ‘aridl lissukun
Tes Tulis
Uraian
Ø  Jelaskan hukum bacaan mad layyin, ‘aridl lissukun ?
Ø  Mengidentifikasi mad layyin dan ‘aridl lissukun dalam QS Al Kautsar dan Al Maun
Tulis Tulis
Jawab Singkat
Ø  Sebutkan mad layyin dan ‘aridl lissukun dalam QS Al Kautsar dan Al Maun ?
Ø  Mengaplikasikan bacaan mad layyin dan ‘aridl lissukun dalam QS Al Kautsar dan Al Maun
Tes Tulis
Jawab Singkat
Ø  Sebutkan bacaan mad layyin dan ‘aridl lissukun dalam QS Al Kautsar dan Al Maun ?
Keterangan Skor :
   1 : Kurang
   2 : Cukup
   3 : Baik


Mengetahui,
Kepala MTsN Talaok




MARDANI, S.Pd
NIP. 19651231 198503 1 020

Talaok,  15 Juli 2010
Guru Bidang Studi




SUATRI, S. Ag
NIP. 19731506 200710 1 003




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan          :  MTsN Talaok
Mata Pelajaran                  :  Al-Qur’an-Hadits
Kelas / Semester               :  VIII / 1
Standar Kompetensi        :  1.      Membaca Al-Qur’an surat pendek pilihan
Kompetensi Dasar            : 1.2     Menerapkan hukum bacaan mad iwadl, mad badal, dan mad tamkin dalam Al-Qur’an
Alokasi Waktu                   :  2 x 40 menit

A.       Tujuan Pembelajaran
§  Menjelaskan hukum bacaan mad iwadl, mad badal, dan mad tamkin dalam Al-Qur’an
§  Mencari mad iwadl, mad badal, dan mad tamkin dalam Al-Qur’an
§  Mempraktikkan bacaan mad iwadl, mad badal, dan mad tamkin dalam Al-Qur’an

B.       Materi Pembelajaran
§  Hukum bacaan mad iwadl, mad badal, dan mad tamkin
§  Al-Qur’an

C.       Metode Pembelajaran
§  Peta konsep
§  Diskusi
§  Tanya jawab

D.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Ø   Kegiatan Pendahuluan
§   Siswa menyiapkan diri untuk melakukan doa bersama
§   Guru  mengabsen siswa
§    Guru melakukan tanya jawab tentang hukum bacaan mad iwadl, mad badal, dan mad tamkin
§    Guru menyampaikan kompetensi yang harus dicapai siswa untuk mempelajari materi hukum bacaan mad iwadl, mad badal, dan mad tamkin
Ø   Kegiatan Inti
Eksplorasi
§    Siswa membentuk kelompok yang terdiri dari 5 siswa
§    Bersama kelompoknya siswa mendiskusikan materi hukum bacaan mad iwadl, mad badal, dan mad tamkin
§   Memberikan kesempatan kepada setiap siswa untuk berinteraksi dengan guru  tentang hukum bacaan mad iwadl, mad badal, dan mad tamkin
Elaborasi
§   Siswa menuliskan hasil diskusi bersama kelompoknya kemudian ditempel di depan kelas
§   Salah seorang utusan kelompok mempresentasekan hasil diskusi
§   Hasil pengamatan dan penilaian siswa dipresentasikan
§   Kelompok lain memberi penilaian presentasi kelompok yang tampil pada lembaran penilaian

Konfirmasi
§    Hasil penilaian dikumpulkan ke guru
§    Guru menentukan hasil kerja kelompok terbaik
§   Memberikan kesempatan kepada siswa untuk memberi kesimpulan, pertanyaan terhadap hasil diskusi
§   Memberikan motifasi kepada siswa yang belum berperan aktif dalam diskusi






Ø   Kegiatan Penutup
§    Memberikan penguatan terhadap materi pelajaran
§    Memberikan penilaian terhadap perjalan disikusi
§    Mengajukan pertanyaan sepuitar materi mad iwadl, mad badal, dan mad tamkin
§    Memberikan refleksi pada siswa
-          Apakah pembelajarannya menarik
-          Materi apa yang telah kita bincangkan
§   Menyampaikan recana pembelajaran pada pertemauan berkutnya
E.       Media/ Sumber Belajar
§  Buku paket Al-Qur’an-Haditst kelas VIII
§  Juz ‘Amma
§  Buku Tajwid
f.     Instrumen
Buatlah peta konsep tentang hukum bacaan mad iwadl, mad badal, dan mad tamkin!

g.     Penilaian 1
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
Ø  Menjelaskan hukum baca-an iwadl, mad badal, dan mad tamkin dalam Al-Qur’an
Tes lisan
Uraian
Ø  Jelaskan hukum baca-an iwadl, mad badal, dan mad tamkin dalam Al-Qur’an ?
Ø  Mengidentifikasi hukum bacaan mad iwadl, mad badal, dan mad tamkin dalam Al-Qur’an
Tes lisan
Jawab Singkat
Ø  Sebutkan hukum bacaan mad iwadl, mad badal, dan mad tamkin dalam Al-Qur’an ?
Ø  Melafalkan bacaan mad iwadl, mad badal, dan mad tamkin dalam Al-Qur’an
Tes lisan
Hafalan
Ø  Hafalkan bacaan mad iwadl, mad badal, dan mad tamkin dalam Al-Qur’an ?
Keterangan Skor :
1 : Kurang
            2 : Cukup
            3 : Baik

Mengetahui,
Kepala MTsN Talaok




MARDANI, S.Pd
NIP. 19651231 198503 1 020

Talaok,  15 Juli 2010
Guru Bidang Studi




SUATRI, S. Ag
NIP. 19731506 200710 1 003





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan          :  MTsN Talaok
Mata Pelajaran                  :  Al-Qur’an-Hadits
Kelas / Semester               :  VIII / 1
Standar Kompetensi        :   2.     Menerapkan Al-Qur’an surat-surat pendek pilihan dalam kehidupan sehar-hari tentang ketentuan rizki dari Allah
Kompetensi Dasar            :   2.1   Memahami isi kandungan QS Al Quraisy dan Al Insyiroh tentang ketentuan rizki dari Allah
Alokasi Waktu                   :  2 x 40 menit

A.       Tujuan Pembelajaran
§  Menerjemahkan QS Al Quraisy dan Al Insyiroh
§  Mencari ayat-ayat dalam QS Al Quraisy dan Al Insyiroh tentang keten-tuan rizki dari Allah
§  Menjelaskan isi kandungan QS Al Quraisy dan Al Insyiroh

B.       Materi Pembelajaran
§  Terjemahan QS Al Quraisy dan Al Insyiroh
§  Isi kandungan QS Al Quraisy dan Al Insyiroh

C.       Metode Pembelajaran
§  Peta konsep
§  Diskusi
§  Tanya jawab

D.       Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Ø   Kegiatan Pendahuluan
§   Siswa menyiapkan diri untuk melakukan doa bersama
§   Guru  mengabsen siswa
§   Guru melakukan tanya jawab tentang QS Al Quraisy dan Al Insyiroh
§    Guru menyampaikan kompetensi yang harus dicapai siswa untuk mempelajari materi QS Al Quraisy dan Al Insyiroh

Ø   Kegiatan Inti
Eksplorasi
§    Siswa membentuk kelompok yang terdiri dari 5 siswa
§   Bersama kelompoknya siswa mendiskusikan materi QS Al Quraisy dan Al Insyiroh
§   Memberikan kesempatan kepada setiap siswa untuk berinteraksi dengan guru  tentang QS Al Quraisy dan Al Insyiroh
Elaborasi
§   Siswa menuliskan hasil diskusi bersama kelompoknya kemudian ditempel di depan kelas
§   Salah seorang utusan kelompok mempresentasekan hasil diskusi
§    Hasil pengamatan dan penilaian siswa dipresentasikan
§   Kelompok lain memberi penilaian presentasi kelompok yang tampil pada lembaran penilaian
Konfirmasi
§    Hasil penilaian dikumpulkan ke guru
§    Guru menentukan hasil kerja kelompok terbaik
§   Memberikan kesempatan kepada siswa untuk memberi kesimpulan, pertanyaan terhadap hasil diskusi
§   Memberikan motifasi kepada siswa yang belum berperan aktif dalam diskusi




Ø   Kegiatan Penutup
§    Memberikan penguatan terhadap materi pelajaran
§    Memberikan penilaian terhadap perjalan disikusi
§    Mengajukan pertanyaan sepuitar QS Al Quraisy dan Al Insyiroh
§    Memberikan refleksi pada siswa
-          Apakah pembelajarannya menarik
-          Materi apa yang telah kita bincangkan
§   Menyampaikan recana pembelajaran pada pertemauan berkutnya
E.       Media/ Sumber Belajar
§  Buku paket Al-Qur’an-Haditst kelas VIII
§  Juz ‘Amma
§  Buku Tajwid

f.      Instrumen
Buatlah peta konsep tentang QS Al Quraisy dan Al Insyiroh

g.     Penilaian 1

Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
Ø   Menerjemahkan QS Al Quraisy dan Al Insyiroh
Tes lisan
Uraian
Ø   Terjemahkan QS Al Quraisy dan Al Insyiroh ¿
Ø   Memilah  ayat-ayat da-lam QS Al Quraisy dan Al Insyiroh tentang ke-tentuan rizki dari Allah
Tes lisan
Jawab Singkat
Ø   Sebutkan  ayat-ayat dalam QS Al Quraisy dan Al Insyiroh tentang ke-tentuan rizki dari Allah ¿
Ø   Menjelaskan isi kandu-ngan QS Al Quraisy dan Al Insyiroh tentang ketentuan rizki dari Allah
Tes lisan
Uraian
Ø   Jelaskan isi kandu-ngan QS Al Quraisy dan Al Insyiroh tentang ketentuan rizki dari Allah ?
Keterangan Skor :
            1 : Kurang
            2 : Cukup
            3 : Baik


Mengetahui,
Kepala MTsN Talaok




MARDANI, S.Pd
NIP. 19651231 198503 1 020

Talaok,  15 Juli 2010
Guru Bidang Studi




SUATRI, S. Ag
NIP. 19731506 200710 1 003







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Madrasah                           :  MTsN Talaok
Mata Pelajaran                  :  Al-Qur’an-Hadits
Kelas / Semester               :  VIII / 1
Standar Kompetensi        :   2.     Menerapkan Al-Qur’an surat-surat pendek pilihan dalam kehidupan sehar-hari tentang ketentuan rizki dari Allah
Kompetensi Dasar            : 2.2    Memahami keterkaitan isi kandungan QS Al Quraisy dan Al Insyiroh tentang ketentuan rizki dalam kehidupan
Alokasi Waktu                   :  2 x 40 menit

A.      Tujuan Pembelajaran

§  Mencari pengertian rizki
§  Merumuskan macam-macam rizki
§  Mencuri contoh tentang ketentuan rizki dalam kehidupan
§  Mengaitkan isi kandu-ngan QS Al Quraisy dan Al Insyiroh dedngan ketentuan rizki dalam kehidupan

B.     Materi Pembelajaran
§  Pengertian rizki
§  Macam-macam ketentuan rizki
§  Contoh tentang ketentuan rizki dalam kehidupan
§  Isi kandungan QS Al Quraisy dan Al In-syiroh dedngan ketentuan rizki dalam kehidupan

C.     Metode Pembelajaran
§  Peta konsep
§  Diskusi
§  Tanya jawab

D.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Ø   Kegiatan Pendahuluan
§   Siswa menyiapkan diri untuk melakukan doa bersama
§   Guru  mendata kehadiran siswa
§   Guru melakukan tanya jawab tentang QS Al Quraisy dan Al Insyiroh
§    Guru menyampaikan kompetensi yang harus dicapai siswa untuk mempelajari materi QS Al Quraisy dan Al Insyiroh
Ø   Kegiatan Inti
Eksplorasi
§    Siswa membentuk kelompok yang terdiri dari 5 siswa
§   Bersama kelompoknya siswa mendiskusikan materi QS Al Quraisy dan Al Insyiroh
§   Memberikan kesempatan kepada setiap siswa untuk berinteraksi dengan guru  tentang QS Al Quraisy dan Al Insyiroh
Elaborasi
§   Siswa menuliskan hasil diskusi bersama kelompoknya kemudian ditempel di depan kelas
§   Salah seorang utusan kelompok mempresentasekan hasil diskusi
§    Hasil pengamatan dan penilaian siswa dipresentasikan
§   Kelompok lain memberi penilaian presentasi kelompok yang tampil pada lembaran penilaian
Konfirmasi
§    Hasil penilaian dikumpulkan ke guru
§    Guru menentukan hasil kerja kelompok terbaik
§   Memberikan kesempatan kepada siswa untuk memberi kesimpulan, pertanyaan terhadap hasil diskusi
§   Memberikan motifasi kepada siswa yang belum berperan aktif dalam diskusi
Ø   Kegiatan Penutup
§    Memberikan penguatan terhadap materi pelajaran
§    Memberikan penilaian terhadap perjalan disikusi
§    Mengajukan pertanyaan sepuitar QS Al Quraisy dan Al Insyiroh
§    Memberikan refleksi pada siswa
-          Apakah pembelajarannya menarik
-          Materi apa yang telah kita bincangkan
§    Menyampaikan recana pembelajaran pada pertemauan berkutnya

E.     Media/ Sumber Belajar
§  Buku paket Al-Qur’an-Haditst kelas VIII
§  Juz ‘Amma
§  Buku Tajwid

F.     Instrumen
Buatlah peta konsep tentang QS Al Quraisy dan Al Insyiroh!

g.     Penilaian 1

Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
Ø   Menyebutkan pengertian rizki
Tes lisan
Uraian
Ø   Sebutkan pengertian rizki ?
Ø   Menjelaskan macam-macam rizki
Tes lisan
Jawab Singkat
Ø   Jelaskan macam-macam rizki ?
Ø   Memberi contoh tentang ketentuan rizki dalam kehidupan
Tes lisan
Jawab Singkat
Ø   Berikan contoh tentang ketentuan rizki dalam kehidupan ?
Ø   Menunjukkan perilaku orang yang mencari rizki dengan dibarengi pera-saan tawakkal, optimis dan qona’ah
Tes lisan
Jawab Singkat
Ø   Sebutkan perilaku orang yang mencari rizki dengan dibarengi pera-saan tawakkal, optimis dan qona’ah ?
Keterangan Skor :
            1 : Kurang
            2 : Cukup
            3 : Baik


 Mengetahui,
Kepala MTsN Talaok




MARDANI, S.Pd
NIP. 19651231 198503 1 020

Talaok,  15 Juli 2010
Guru Bidang Studi




SUATRI, S. Ag
NIP. 19731506 200710 1 003




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Madrasah                           :  MTsN Talaok
Mata Pelajaran                  :  Al-Qur’an-Hadits
Kelas / Semester               :  VIII / 1
Standar Kompetensi        :   2.     Menerapkan Al-Qur’an surat-surat pendek pilihan dalam kehidupan sehar-hari tentang ketentuan rizki dari Allah
Kompetensi Dasar            : 2.3    Menerapkan isi kandungan Q.S Al-Quraisy dan Al-Insyiroh tentang ketentuan rezeki dari Allah dalam kehidupan
Alokasi Waktu                   :  2 x 40 menit

A.       Tujuan Pembelajaran
§  Mencari pengertian rizki
§  Merumuskan macam-macam rizki
§  Mencuri contoh tentang ketentuan rizki dalam kehidupan
§  Mengaitkan isi kandu-ngan QS Al Quraisy dan Al Insyiroh dedngan ketentuan rizki dalam kehidupan

B.       Materi Pembelajaran
§  Pengertian rizki
§  isi kandungan Q.S Al-Quraisy dan Al-Insyiroh tentang ketentuan rezeki dari Allah dalam kehidupan
§  Macam-macam ketentuan rezeki dari Allah dalam kehidupan
§  Contoh tentang ketentuan rezeki dari Allah dalam kehidupan

C.       Metode Pembelajaran
§  Peta konsep
§  Diskusi
§  Tanya jawab

D.       Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Ø   Kegiatan Pendahuluan
§   Siswa menyiapkan diri untuk melakukan doa bersama
§   Guru  mendata kehadiran siswa
§   Guru melakukan tanya jawab tentang QS Al Quraisy dan Al Insyiroh
§    Guru menyampaikan kompetensi yang harus dicapai siswa untuk mempelajari materi QS Al Quraisy dan Al Insyiroh
Ø   Kegiatan Inti
Eksplorasi
§    Siswa membentuk kelompok yang terdiri dari 5 siswa
§   Bersama kelompoknya siswa mendiskusikan materi QS Al Quraisy dan Al Insyiroh
§   Memberikan kesempatan kepada setiap siswa untuk berinteraksi dengan guru  tentang QS Al Quraisy dan Al Insyiroh
Elaborasi
§   Siswa menuliskan hasil diskusi bersama kelompoknya kemudian ditempel di depan kelas
§   Salah seorang utusan kelompok mempresentasekan hasil diskusi
§    Hasil pengamatan dan penilaian siswa dipresentasikan
§   Kelompok lain memberi penilaian presentasi kelompok yang tampil pada lembaran penilaian




Konfirmasi
§    Hasil penilaian dikumpulkan ke guru
§    Guru menentukan hasil kerja kelompok terbaik
§   Memberikan kesempatan kepada siswa untuk memberi kesimpulan, pertanyaan terhadap hasil diskusi
§   Memberikan motifasi kepada siswa yang belum berperan aktif dalam diskusi
Ø   Kegiatan Penutup
§    Memberikan penguatan terhadap materi pelajaran
§    Memberikan penilaian terhadap perjalan disikusi
§    Mengajukan pertanyaan sepuitar QS Al Quraisy dan Al Insyiroh
§    Memberikan refleksi pada siswa
-          Apakah pembelajarannya menarik
-          Materi apa yang telah kita bincangkan
§    Menyampaikan recana materi pembelajaran pada pertemauan berkutnya

E.       Media/ Sumber Belajar
§  Buku paket Al-Qur’an-Haditst kelas VIII
§  Juz ‘Amma
§  Buku Tajwid

F.        Instrumen
Buatlah peta konsep tentang QS Al Quraisy dan Al Insyiroh!

G.       Penilaian 1
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
Ø   Menjelaskan macam-macam tentang ketentuan rezeki dari Allah dalam kehidupan
Tes lisan
Uraian
Ø   Jelaskan macam-macam tentang ketentuan rezeki dari Allah dalam kehidupan ?
Ø   Menyebutkan pengertian tentang ketentuan rezeki dari Allah dalam kehidupan
Tes lisan
Jawab Singkat
Ø   Sebutkan pengertian tentang ketentuan rezeki dari Allah dalam kehidupan ?
Ø   Memberi contoh tentang ketentuan rezeki dari Allah dalam kehidupan
Tes lisan
Jawab Singkat
Ø   Berikan contoh tentang ketentuan rezeki dari Allah dalam kehidupan?
Ø   Menunjukkan perilaku orang yang mencari rezeki dari Allah dalam kehidupan
lisan(diskusi)
Jawab Singkat
Ø   Sebutkan perilaku orang yang mencari rezeki dari Allah dalam kehidupan ?
Keterangan Skor :
         1 : Kurang
         2 : Cukup
         3 : Baik

Mengetahui,
Kepala MTsN Talaok




MARDANI, S.Pd
NIP. 19651231 198503 1 020

Talaok,  15 Juli 2010
Guru Bidang Studi




SUATRI, S. Ag
NIP. 19731506 200710 1 003


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Madrasah                           :  MTsN Talaok
Mata Pelajaran                  :  Al-Qur’an-Hadits
Kelas / Semester               :  VIII / 1
Standar Kompetensi        :  3.      Menerapkan Al-Qur’an surat-surat pendek pilihan dalam kehidupan sehari-hari tentang kepedulian sosial
Kompetensi Dasar            : 3.1    Memahami isi kandungan QS Al Kautsar dan Al Ma’un tentang kepedulian sosial
Indikator                              :  -        Menerjemahkan QS Al Kautsar dan Al Ma’un
                                                -        Memilih ayat-ayat dalam QS Al Kautsar dan Al Ma’un yang ada hubungannya dengan kepedulian sosial
                                                -        Menjelaskan isi kandungan QS Al Kautsar dan Al Ma’un tentang kepedulian sosial
Alokasi Waktu                   :  2 x 40 menit
A.       Tujuan Pembelajaran
§  Mengartikan QS Al Kautsar dan Al Ma’un
§  Mencari ayat-ayat dalam QS Al Kautsar dan Al Ma’un tentang kepedulian sosial
§  Menjelaskan isi kandungan QS Al Kautsar dan Al Ma’un tentang kepedulian sosial

B.      Materi Pembelajaran
§  Terjemahan QS Al Kautsar dan Al Ma’un
§  Isi kandungan QS Al Kautsar dan Al Ma’un tentang kepedulian sosial

C.      Metode Pembelajaran
§  Peta konsep
§  Diskusi
§  Tanya jawab

D.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Ø   Kegiatan Pendahuluan
§   Siswa menyiapkan diri untuk melakukan doa bersama
§   Guru  mendata kehadiran siswa
§   Guru melakukan tanya jawab tentang QS Al Kautsar dan Al Ma’un
§    Guru menyampaikan kompetensi yang harus dicapai siswa untuk mempelajari materi QS Al Kautsar dan Al Ma’un
Kegiatan Inti
Eksplorasi
§    Siswa membentuk kelompok yang terdiri dari 5 siswa
§   Bersama kelompoknya siswa mendiskusikan tentang QS Al Kautsar dan Al Ma’un
§   Memberikan kesempatan kepada setiap siswa untuk berinteraksi dengan guru  tentang QS Al Kautsar dan Al Ma’un
Elaborasi
§   Siswa menuliskan hasil diskusi bersama kelompoknya kemudian ditempel di depan kelas
§   Salah seorang utusan kelompok mempresentasekan hasil diskusi
§    Hasil pengamatan dan penilaian siswa dipresentasikan
§   Kelompok lain memberi penilaian presentasi kelompok yang tampil pada lembaran penilaian



Konfirmasi
§    Hasil penilaian dikumpulkan ke guru
§    Guru menentukan hasil kerja kelompok terbaik
§   Memberikan kesempatan kepada siswa untuk memberi kesimpulan, pertanyaan terhadap hasil diskusi
§   Memberikan motifasi kepada siswa yang belum berperan aktif dalam diskusi
Ø   Kegiatan Penutup
§    Memberikan penguatan terhadap materi pelajaran
§    Memberikan penilaian terhadap perjalan disikusi
§    Mengajukan pertanyaan sepuitar QS Al Kautsar dan Al Ma’un
§    Memberikan refleksi pada siswa
-          Apakah pembelajarannya menarik
-          Materi apa yang telah kita bincangkan
Menyampaikan recana materi pembelajaran pada pertemauan berkutnya
E.       Media/ Sumber Belajar
§  Buku paket Al-Qur’an-Haditst kelas VIII
§  Juz ‘Amma
§  Buku Tajwid

F.       Instrumen
Buatlah peta konsep tentang QS Al Kautsar dan Al Ma’un!

G.       Penilaian 1
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
Ø   Menerjemahkan  QS Al Kautsar dan Al Ma’un
Tes tulis
Uraian
Ø   Terjemahkan  QS Al Kautsar dan Al Ma’un ?
Ø   Memilih ayat-ayat da-lam QS Al Kautsar dan Al Ma’un yang ada hu-bungannya dengan kepedulian sosial
Tes tulis
Jawab Singkat
Ø   Pilihkan ayat-ayat da-lam QS Al Kautsar dan Al Ma’un yang ada hu-bungannya dengan kepedulian sosial ?
Ø   Menjelaskan isi kan-dungan QS Al Kautsar dan Al Ma’un tentang kepedulian sosial
Tes tulis
Uraian
Ø   Jelaskan isi kan-dungan QS Al Kautsar dan Al Ma’un tentang kepedulian sosial ?
Keterangan Skor :
1 : Kurang
2 : Cukup
3 : Baik


Mengetahui,
Kepala MTsN Talaok




MARDANI, S.Pd
NIP. 19651231 198503 1 020

Talaok,  15 Juli 2010
Guru Bidang Studi




SUATRI, S. Ag
NIP. 19731506 200710 1 003


Tidak ada komentar: